Tim Rescue Human Initiative Raih Penghargaan Sebagai Pegiat Bencana Berprestasi di Balikpapan

HI-NEWS, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan memperingati HUT Polisi Pamong Praja yang ke 69, HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-57 dan HUT Pemadam Kebakaran ke-100 pada Senin, 18 Maret 2019. Acara tersebut dihadiri oleh HM Rizal Effendi, SE selaku Walikota Balikpapan. Dalam acara tersebut, Human Initiative mendapatkan penghargaan atas prestasinya sebagai lembaga kemanusiaan dan relawan yang berkontribusi untuk penanganan bencana kebakaran di Balikpapan dan sekitarnya.

Tri Ari Wardana selaku Relawan Rescue Human Initiative mengucapkan terima kasih atas apresiasi pemerintah Kota Balikpapan “Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota Balikpapan yang telah memberikan kami penghargaan ini. Penghargaan ini menjadi motivasi kami sebagai relawan untuk dapat terus berkarya dan selalu terdepan dalam tugas. Sebuah kebanggaan kami melalui Human Initiative dapat berkontribusi agar bencana di Balikpapan bisa diminimalisir dan ditanggulangi dengan cepat. Tak lupa saya ucapkan selamat HUT Pemadam kebakaran yang ke-100 semoga selalu jaya” ujar Tri Ari Wardana.

Penghargaan dalam kategori Relawan Berprestasi ini diserahkan oleh HM. Rizal Efendi, SE selaku Walikota Balikpapan kepada Tri Ari Wardana. Penghargaan ini diterima langsung olehTri Ari Wardana selaku Relawan Rescue Human Initiative. Tri Ari bersama relawan Rescue Human Initiative lainnya aktif berkontribusi dalam Emergency Respon yang ada di Kota Balikpapan. Salah satu aksi nyata yang dilakukannya adalah dengan mengoperasikan Emergency Response Unit yang ada dalam mengevakuasi korban maupun patroli kesiap siagaan public.

Tim DRM (Disaster Risk Management) Human Initiative merupakan tim yang bertujuan untuk mengurangi dampak bencana melalui upaya pemberdayaan potensi dan kapasitas masyarakat. Adapun upaya untuk meningkatkan potensi dan kapasitas masyarakat yakni melalui cara mengenali potensi bencana dan mempersiapkan diri ketika menghadapi bencana.

Human Initiative bersama relawan akan terus berupaya meningkatkan kemampuan dengan cara terlibat langsung dalam berbagai pelatihan seperti simulasi evakusasi bersama Basarnas. Human Initiative berterima kasih atas presiasi yang diberikan oleh pemerintah Balikpapan. Harapannya agar Human Initiative dapat semakin memperkuat dan menumbuhkan jiwa solidaritas dalam menanggulangi bencana di Kota Balikpapan.