Sinergi Pertamina dan Human Initiative Sambut Digitalisasi UMKM

Makassar, 28 November 2019 – Pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang sudah menjadi Mitra Binaan Pertamina dengan tema Strategi Digital Marketing yang bekerjasama dengan Human Initiative Sulsel dilaksanakan hari ini di GOR kantor Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi. Rabu, (27/11/19).

Pelatihan dibuka oleh Hatim Ilwan selaku Manager Communication & CSR MOR VII Sulawesi. Dalam kegiatan hari ini turut hadir Kepala Cabang Human Initiative Sulsel Indra Budi Legowo. Para praktisi yang siap berbagi tips dan trik pada kegiatan ini diantaranya adalah para spesialis di bidang Digital Marketing dan Profesional Trainer UKM.

Sebanyak 53 orang pelaku UMKM mitra binaan Pertamina MOR VII yang turut serta berpartisipasi secara aktif dan antusias pada kegiatan hari ini, mereka berasal dari latar belakang usaha yang berbeda-beda. Diantaranya Sektor Jasa, Kuliner, Perdagangan dan Industri Kreatif.

Hatim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Para mitra binaan di ajak melek digital marketing dengan beragam aplikasi yang sudah banyak tersedia sekarang. Misal Facebook, Whatsapp dan semacamnya. Dalam mengikuti perkembangan industri pasar saat ini, tentunya tidak bisa hanya mengandalkan pasar offline atau dengan hanya cara-cara yang konvensional tapi harus lebih inovatif dan mengalami perubahan serta peningkatan omset yang lebih baik,” tuturnya.

Selain itu, “Harapan dengan dilaksanakan nya kegiatan ini juga sebagai ajang optimalisasi dan bisa di aplikasikan oleh tiap pelaku UMKM mitra binaan dalam mempromosikan produk-produknya kedepan agar jangkauannya bisa lebih luas atau mungkin bisa sampai ke luar Negeri tentu dengan kualitas produk yang baik,” ujar Indra Budi Legowo mewakili praktisi yang hadir pada kegiatan ini.

Bagi para pelaku UMKM yang memiliki rencana pengembangan usaha yang ada saat ini, Pertamina membuka kesempatan besar untuk maju berkembang bersama melalui Program Kemitraan. Informasi mengenai Program Dana Bergulir untuk pengembangan usaha ini dapat diperoleh melalui http://www.pertamina.com/id/pkbl