Serunya Urban Farming Bersama Human Initiative di Yogyakarta

HI-NEWS, DIY – Urban Farming adalah istilah yang dikenal sebagai aktivitas pertanian perkotaan. Konsep urban farming adalah memindahkan aktivitas pertanian konvensional ke aktivitas pertanian di perkotaan. Pentingnya aktivitas urban farming yaitu membuka lahan terbuka hijau di perkotaan. Hal tersebut membuat Human Initiative berinisiatif untuk menyelenggarakan urban farming yang menjadi bagian dari Program Rumah Srikandi dengan tema “Asyiknya Menanam” di Rumah Srikandi, Umbulharjo, Yogyakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 23 Maret 2019 ini melibatkan sekitar 20 peserta di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan gizi setiap keluarga. Sutrisno S.P. selaku pemateri menyampaikan beberapa materi kepada para peserta diantaranya adalah kendala atau hambatan dalam membangun pertanian di daerah perkotaan.

Selain itu, Sutrisno juga menyampaikan beberapa penjelasan terkait tentang tata kelola bertanam yang cocok di daerah perkotaan dengan lahan terbatas. Kemudian prospek penjualan produk tanaman hidroponik yang masih cukup tinggi di masyarakat dan keuntungan yang diperoleh dari menanam.

Sutrisno berharap agar masyarakat perkotaan dapat mempraktikan urban farming di wilayahnya masing-masing. “Harapan (saya) ke depan (agar) warga perkotaan bisa memanfaatkan lahan terbatas untuk menanam tanaman baik untuk estetika maupun peningkatan perekonomian masyarakat.” ujar narasumber dan alumni Institut Pertanian Yogyakarta, Sutrisno, S.P.

Sementara itu, Sumardi selaku Ketua Rumah Srikandi mengaku bersyukur atas terselenggaranya kegiatan Urban Farming. Menurutnya, kegiatan ini bermanfaat dan menarik. “Alhamdulillah, setelah mengikuti kegiatan pelatihan materi Urban Farming ini, saya menjadi lebih tertarik lagi untuk menanam. Ternyata menanam dilahan terbatas pun bisa dilakukan” ungkap Ketua Rumah Srikandi, Sumardi.

Human Initiative akan terus mendukung masyarakat untuk dapat hidup mandiri dan berdaya melalui berbagai program unggulan. Mari dukung terus masyarakat agar terus berdaya dengan cara berdonasi melalui solusipeduli.org. Update terus informasi terkini seputar Human Initiative di pkpu.org.