Program Pemberdayaan Masyarakat Human Initiative Jadikan Ibu-Ibu di Bandung Lebih Mandiri

HI-NEWS, JAWA BARAT – Human Initiative memiliki tujuan membangun kemandirian masyarakat di Indonesia salah satunya di wilayah Bandung, Jawa Barat. Pada Maret 2018, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa Indonesia memiliki tingkat kemiskinan sebesar 9,82 persen.

Hal tersebut membuat Human Initiative mengambil langkah terpadu melalui berbagai program unggulan yang diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan. Adapun salah satu program unggulan untuk masyarakat adalah program Keluarga Multi Penghasilan atau KMP. Program ini ditujukan untuk ibu-ibu dengan harapan agar meningkatnya penghasilan setiap keluarga.

Alek Durantes selaku Project Officer Human Initiative Jawa Barat mengatakan program ini dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap pertama yang dilakukan adalah penyaluran modal usaha yang ditujukan kepada penerima manfaat dengan harapan dana tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya. Misalkan dipergunakan untuk pembelian peralatan usaha seperti kompor, blender, dispenser dan peralatan lainnya.

“Pelaksanaan nya bertahap, agar modal usaha yang disalurkan lebih tepat sasaran. Selain itu, secara konsisten kami juga akan memantau perkembangan usaha dari para penerima manfaat,” ujar Alex Durantes pada Rabu, (6/3).

Program yang melibatkan 20 orang ibu-ibu di wilayah Bandung, Jawa Barat ini saling bekerja sama dalam hal mengembangkan program KMP. Ibu Oneng Sarifah salah satu penerima manfaat yang ikut dalam program tersebut mengucapkan rasa terima kasihnya karena telah membantu mengatasi permasalahan dan memberikan solusi untuknya. “Alhamdulillah saya telah menerima modal usaha dari Human Initiative, mudah-mudahan usaha saya bisa berjalan dengan baik, lancar, keuntungannya besar dan berkah. Terima kasih kepada para Donatur Human Initiative yang telah membantu, semoga terus bisa memberi manfaat untuk masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Oneng Sarifah.

Human Initiative mengajak seluruh masyarakat untuk terus menyalurkan bantuan nya melalui website solusipeduli.org. Selain itu, Human Initiative akan terus berupaya dan berkontribusi melalui berbagai program untuk membantu memandirikan masyarakat yang membutuhkan.