PRESS RELEASE

PKPU Human Initiative bersama beberapa anggota Komite Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) menghadiri audiensi atau pertemuan dengan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri pada Jum’at (21/12) di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Adapun pertemuan ini dalam rangka rangka merespon isSue kemanusiaan etnis Uyghur di wilayah Xinjiang, China.

Pada pertemuan ini, Komite IHA menyampaikan dorongan kepada pemerintah Indonesia melalui Kemenlu untuk dapat terlibat aktif dalam upaya penyelesaian terkait dugaan krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Uyghur. Kemenlu menyambut baik ajakan ini dan sudah melakukan langkah – langkah termasuk meminta keterangan langsung dari Dubes China di Indonesia.

PKPU Human Initiative pada kesempatan ini juga menyampaikan kesiapan sekaligus ajakan untuk berkolaborasi baik dengan pemerintah ataupun stakeholder kemanusiaan lainnya. Hal ini sangat perlu dilakukan agar tersusun langkah – langkah kontribusi dalam penyelesaian masalah krisis kemanusiaan etnis Uyghur.

PKPU Human Initiative juga mengajak masyarakat untuk peduli dan berkolaborasi dengan antar lembaga dalam menggalang bantun kemanusiaan. PKPU Human Initiative juga menyambut baik jika ada forum antara Dubes China untuk Indonesia dengan para pegiat kemanusiaan.

Forum ini tidak hanya diharapkan dapat menjadi sarana klarifikasi atas kejadian krisis yang terjadi di Xinjiang, namun juga dapat menjadi momentum bagi pemerintah China untuk mendengarkan dan mengimplementasikan masukan dari seluruh pelaku kemanusiaan di Indonesia. PKPU Human Initiative selalu siap memberikan #solusipeduli untuk masyarakat baik skala nasional maupun internasional.

#LoveUyghur