PKPU Human Initiative Terus Salurkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Tsunami Selat Sunda

JAKARTA – Sejak hari pertama terjadinya Tsunami Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018, PKPU Human Initiative (HI) telah melakukan langkah respon tanggap bencana untuk wilayah Banten dan Lampung Selatan.  Salah satu langkah respon tanggap bencana yang dilakukan PKPU HI adalah mendirikan Dapur Air di Pengungsian Radio Krakatau, Jalan Ahmad Yani, Labuan, Pandeglang.

Menurut data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa (25/12) pukul 13.00 WIB, kemarin ada 429 orang meninggal dunia, 1.485 orang luka-luka, 154 orang hilang, 16.082 orang mengungsi di wilayah Pandeglang. Sementara itu, data kerugian fisik atau materiil ada 882 rumah yang rusak, 73 penginapan rusak dan 60 warung dan toko rusak, 434 perahu dan kapal rusak, 24 kendaraan roda empat rusak, 41 kendaraan ruda 2 rusak, 1 dermaga rusak, dan 1 shelter rusak.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa persnya pada Selasa, (25/12) mengatakan Pandeglang merupakan wilayah yang memiliki kerusakan paling berat. Sehingga, masa tanggap darurat selama 14 hari yang terhitung sejak 22 Desember 2018 sampai 4 Januari 2019. “Kalau kita lihat bagaimana sebaran di masing-masing daerah di lima daerah memang paling parah di kabupaten Pandeglang,” ujar Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB pada Selasa (25/12), kemarin.

GM Disaster Risk Management PKPU HI, Jumarsono mengatakan bahwa PKPU HI akan terus melakukan respon tanggap bencana terhadap Tsunami Selat Sunda dengan berbagai upaya. “PKPU Human Intiative masih terus melakukan respon terhadap Tsunami Selat Sunda. Kami membagi menjadi beberapa tim. Satu diantaranya melakukan giat aksi search and rescue atau evakuasi (korban) untuk wilayah Kecamatan Sumur di Pandeglang,” ujar Jumarsono selaku GM Disaster Risk Management PKPU HI.

Lanjut Jumarsono, ia mengatakan bahwa PKPU HI telah mendirikan dapur air di wilayah Labuan, Pandeglang. Sampai saat ini, PKPU HI sedang melakukan tahap pendistribusian  program bantuan makanan siap saji, paket makanan, hygiene kits, dan kebutan lainnya untuk warga terdampak Tsunami Selat Sunda.

Selain itu, PKPU HI telah membuka pos di Jalan Raya Panimbang, KM. 5,Desa Cibungur Masjid, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang sebagai sarana pendistribusian logistik dan kebutuhan warga terdampak. PKPU HI juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut membantu memberikan kebutuhan mendesak seperti shelter kits, paket bahan makanan, hygiene kits,makanan siap saji, air bersih, selimut, tikar layanan kesehatan dan perlengkapan bayi serta balita dengan menyalurkan bantuan melalui PKPU Human Initiative.