PKPU Human Initiative Hadirkan 1.200 Yatim Untuk Check Up Kesehatan di Aceh

ACEH – Oprhans Kafala Program (OKP) adalah program kerjasama antara PKPU Human Initiative dengan Islamic Development Bank (IDB). Program ini adalah kegiatan rutinan yang ditujukan untuk anak-anak yatim di Aceh dan sekitarnya. Kegiatan rutin yang diadakan setahun sekali ini dilakukan dengan melaksanakan Check Up Kesehatan bersama 1.200 yatim di Aceh. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memeriksa kesehatan anak-anak yatim dengan memastikan kondisi kesehatan mereka agar mereka benar-benar dalam keadaan sehat.

Malikul Saleh selaku Project Koordinator OKP mengatakan bahwa para peserta Check Up Kesehatan ini diperiksa secara keseluruhan anggota badannya baik bagian mata, teliga, gigi, mulut, serta mendapatkan tindakan lanjutan seperti pemberiaan obat-obatan, vitamin dan penunjang kesehatan lainnya.

“Mereka diperiksa secara keseluruhan anggota badannya baik bagian mata, teliga, gigi dan mulut, dan sebagainya ditangani secara maksimal oleh tim medis, selain periksaan kesehatan mereka juga mendapatkan obat-obatan, vitamin serta paket kesehatan tambahan,” ujar Project Koordinator OKP, Malikul Saleh pada Minggu, (25/11) di Aceh.

 

Kegiatan yang berlangsung pada 4 November sampai 25 November 2018 ini dilaksanakan di beberapa tempat. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan tersebut diantaranya adalah Kecamatan Baiturrahman, Masjid Gurah di Kecamatan Peukan Bada, SMP Seulimum di Kecamatan Seulimum, Kecamatan Ingin Jaya dan Kuta Baroe, Masjid Aljihad dan Masjid Kajhu, Krueng Raya dan Pulo Aceh serta Sabang.

Tidak hanya sampai pada tahap pemeriksaan media saja. Nantinya, kegiatan Check Up Kesehatan ini akan melalui proses lanjutan jika memang diperlukan tindakan medis secara lebih lanjut lagi melalui dokter spesialis. Kegiatan ini juga didukung oleh Tim Medis Ranup Selasih bersama dr. Ari Basuh Dewo dan tim medis lainnya. PKPU HI bersama IDB berharap melalui kegiatan OKP ini semakin banyak masyarakat yang menerima manfaat serta program ini juga akan terus berjalan untuk masyarakat yang sangat membutuhkan.