PKPU Human Initiative Dukung Kampung Adat Banceuy Jadi Desa Wisata

BANDUNG –  Sapta Pesona merupakan nilai-nilai yang harus diwujudkan agar terciptanya lingkungan yang kondusif dan ideal. Di kutip dari laman kemenpar.go.id bahwa nilai-nilai tersebut bertujuan untuk perkembangan daerah pariwisata di suatu tempat dengan mendorong tumbuhnya minat wisatawan untuk berkunjung. Sapta Pesona terjadi  di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya di Kabupaten Subang. Kampung Adat Banceuy di Kabupaten Subang menjadi lokasi yang dipilih karena memiliki potensi sebagai desa wisata.

Oleh karena itu, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang bersama PKPU Human Initiative (HI) melaksanakan kunjungan dan sosialisasi Sapta Pesona pada Rabu 31 Oktober 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat beserta aparatur pemerintah  Dusun Banceuy. Selain itu, acara ini juga turut mengundang Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan CSR PT Tirta Investama (AQUA) Subang, dan beberapa media lokal Subang.

Rohana Odang selaku Ketua Kompepar Kampung Adat Banceuy berharap agar keberadaan Kampung Adat Banceuy dapat menjadi manfaat bagi warga sekitar. Bukan hanya itu saja, ia juga mengajak agar masyarakat khususnya di Kampung Banceuy agar dapat menjaga dan mewujudkan harapan menjadi desa wisata yang bermanfaat.

“Kami ingin Kampung Adat Banceuy menjadi Desa Wisata yang bisa memberikan manfaat untuk warga di sini. Kalau bukan kami yang menjaga dan berusaha mewujudkan itu, lalu siapa lagi,” ujar Rohana Odang pada Rabu (31/10) di Kampung Adat Banceuy, Subang .

Sosialisasi dititik beratkan pada pelaku homestay dan UMKM yang memiliki peran kuat dalam nilai-nilai Sapta Pesona. Hal tersebut diharapkan agar terciptanya keamanan, ketertiban, keindahan, dan kenyamanan pengunjung di tempat wisata. Kepala Bidang Kemitraan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Sudiyana, mengatakan keberadaan desa wisata menjadi salah satu sarana pemberdayaan masyarakat yang produktif.

“Kami berharap perkembangan pemberdayaan masyarakat semakin tumbuh dan potensi Kampung Adat Banceuy bisa terus semakin digali,” ujar Sudiyana.

Di akhir acara, pihak dari Kampung Adat Banceuy memberikan cenderamata untuk tamu undangan. Cenderamata tersebut merupakan hasil produksi dari UMKM setempat. Zaenal Abidin selaku kepala CSR PT Tirta Investama(AQUA) Plant Subang mengatakan keberadaan Desa Wisata Kampung Adat Banceuy bisa menjadi potensi ekonomi masyarakat bila dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, hal tersebut berpengaruh dalam peningkatan perekonomian masyarakat.