Penyintas Sentani Bertambah, Human Initiative Intensifkan Pencarian dan Evakuasi Warga Terdampak

HI-NEWS, PAPUA – Pascabencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua Human Initiative terus menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para penyintas. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya pada hari ini Rabu, (20/3) bahwa jumlah keseluruhan adalah 104 orang meninggal dunia dan 79 orang belum ditemukan.

“Belum semua korban berhasil diindentifikasi. Ada 40 korban meninggal dunia yang belum diidentitikasi sehingga Bupati Jayapura memutuskan korban akan dimakamkan secara massal besok (hari ini) pada 21/3/2019,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran pers pada Rabu (20/3).

Selain itu, jumlah penyintas yang bertambah kini sebanyak 9.691 pengungsi dengan jumlah 85 orang luka berat dan 75 orang luka ringan. Sutopo menambahkan pada banjir bandang kali ini ada 2.317 personel dari 28 lembaga dan organisasi untuk melakukan upaya evakuasi, pencarian dan penyelamatan para penyintas, serta melayani berbagai kebutuhan para penyintas.

Human Initiative menjadi salah satu organisasi kemanusiaan yang turut bergabung dan terjun langsung ke lokasi terdampak banjir bandang di Sentani sejak hari pertama ditetapkan tanggap darurat bencana.

Subur Rojinawi selaku koordinator Tim Rescue Human Initiative mengatakan “Human Initiative masih terus berkoordinasi dengan BPBD, Basarnas dan NGO yang terlibat di lokasi kejadian. Lalu berkoordinasi dengan relawan lokal. Human Initiative juga melakukan assessment dan terus melakukan evakuasi terdampak, bersama relawan setempat”

Human Initiative mengajak seluruh masyarakat untuk turut membantu warga terdampak banjir bandang di wilayah Sentani dan sekitarnya dengan cara menyalurkan bantuan donasinya melalui website solusipeduli.org. Saat ini, kebutuhan mendesak untuk para penyintas adalah bantuan medis, makanan siap saji, selimut dan alas tidur,kebutuhan bayi dan air bersih.

Ayo bantu mereka. Klik di sini.