Human Initiative Bersama CSR PT Tirta Investama (AQUA) Plant Subang Gelar Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM

HI-NEWS, JABAR – Human Initiative Jawa Barat bersama CSR PT Tirta Investama (AQUA) menyelenggarakan Pelatihan dan Bimbingan Branding serta Packaging Produk UMKM untuk peserta UKM anggota Koperasi Pasgajaya Abadi dan Mandiri Jaya Abadi di Jawa Barat. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 26 Juni 2019 di GOR Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Economy Development Human Initiative melalui pemberdayaan koperasi dan UMKM Human Initiative Jabar bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi-UMKM (PLUT K-UMKM) Kabupaten Subang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 20 orang yang terdiri dari Sandy Hallimansyah sebagai konsultan Pendamping Bidang Produksi dari PLUT K-UMKM, para peserta dari Desa Pasanggrahan dan Desa Darmaga Kabupaten Subang dan tamu undangan lainnya.

Pelatihan dan bimbingan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait bagaimana membangun brand yang baik, dan bagaimana menyesuaikan kemasan dengan segmentasi pasar yang ada. Koordinator Program Bidang Pemberdayaan Human Initiative Jabar, Bustanul Arifin berharap agar para peserta mampu bersaing dengan produk lainnya. “Peningkatan kualitas produk UMKM melalui pelatihan branding dan packaging ini sangatlah penting untuk bagaimana peserta UKM bisa menjawab tantangan pasar global saat ini. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini produk UKM Desa Pasanggrahan dan Darmaga mampu berdaya saing dengan produk lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Sandy Hallimansyah sebagai pemateri dari PLUT K-UMKM memaparkan pemahaman terkait branding produk, kemudian pemaparan materi dilanjutkan terkait membuat kemasan yang inovatif sesuai segmentasi pasar. Ia juga menjelaskan tentang bagaimana menghitung HPP dalam hal kemasan dan label produk. Tak lupa, ia juga bertanya kepada para peserta apa saja yang sudah mereka lakukan untuk membranding produknya masing-masing. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan itu. “Pentingnya suatu produk membuat kemasan yang baik, aman dan informatif, dan bagaimana cara menentukan target market memperhatikan desain kemasan dan ciri khas kemasan” tutur Sandi.

Pendapat salah satu peserta pemilik usaha Pakreng bernama Heni yang sudah memiliki omzet 12 juta/bulan mengatakan, “terimakasih kepada Human Initiave Jabar dan pihak CSR PT. Tirta Investama Plant Subang telah berkomitmen sejak dulu untuk membantu dan mendampingi usaha kami sehingga banyak manfaat ,inovasi untuk perkembangan produk usaha kami.”

UMKM adalah suatu subyek yang harus dikembangkan dan diasah agar menjadi lebih siap untuk bersaing baik ditingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu,diperlukannya komitmen dari segala komponen untuk bersinergi dalam membangkitkan dan mengembangkan UMKM ini. Human Initiative akan terus mendukung masyarakat agar dapat hidup mandiri dan berdaya. Mari kita bersama saling membantu dalam kebaikan dengan cara mendukung mereka melalui website solusipeduli.org.