Berhasil atasi kebutuhan listrik pengungsi Rohingya, 235 paket panel surya kembali didistribusikan

Bangladesh - PKPU Human Initiative kembali distribusikan 235 panel surya untuk para pengungsi Rohingya di camp pengungsian Jamtoli, Bangladesh (11/4). Pendistribusian kali ini merupakan tahap keempat dari penyaluran total 460 paket panel surya.


Panel surya ini berguna bagi para pengungsi untuk kebutuhan penerangan di malam hari. Bantuan ini sangat dibutuhkan untuk memberi kenyamanan sebuah keluarga yang tinggal di dalam shelter berukuran 4 x 6 m.

Sementara di siang hari, menurut Relawan Kemanusiaan PKPU Human Initiative, Amir Mutar panel surya ini dapat menjadi sumber listrik yang bersumber dari sinar matahari.

“Sehingga panel surya ini dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan kipas angin, sehingga dapat memberi kesejukan terutama bagi keluarga yang masih memilki bayi dan balita,” terang Amir.

Selain tenaga listrik ini, PKPU HI juga menyalurkan bantuan lain seperti paket 1 accu dengan kapasitas besar, 2 buah lampu neon ukuran 15 watt, dan 2 kipas angina bagi setiap KK.
Amir menerangkan, jika paket solar panel ini diberikan melalui mekanisme seleksi yang dilakukan oleh otoritas pemerintah yang menangani pengungsi setempat.

Dalam pendistribusiannya, PKPU Human Initiative dibantu oleh mitra lokal Bangladesh. Para pengungsi juga diajarkan cara pemasangan instalasi dan pengoperasiannya. Terihat para penerima manfaat bersemangat ketika panel surya itu akan dipasangkan di shelter mereka.

235 Paket Panel Surya Kembali Didistribusikan Untuk Pengungsi Rohingya