Nago Jaya Berkah Siap Pasarkan Produk Lele Kering

Nago Jaya Berkah adalah kelompok pengolah dan pemasar ikan lele kering atau yang disingkat leker. Mereka adalah kelompok binaan dari Human Initiative. Pada hari Jumat (12/07/2019), kelompok ini melakukan kegiatan pengemasan produk. Kegiatan pengemasan ini dilaksanakan di rumah produksi leker yang berada di daerah Kampung Pinang, Kota Padang. Proses pengemasan ini dilaksanakan oleh tujuh orang anggota kelompok Nago Jaya Berkah.

Proses pengemasan dilaksanakan guna meningkatkan nilai jual produk. Melalui kemasan yang menarik, sebuah produk bisa merambah ke pasar yang lebih luas seperti supermarket dan pasar modern lainnya. Pada tahap awal kelompok Nago Jaya Berkah melakukan pengemasan dalam satu ukuran yaitu dengan berat lele kering 100 gr. Dengan kemasan lele kering 100 gr  ini lebih terjangkau oleh pelajar dan masyarakat umum.

Proses selanjutnya adalah pengemasan setelah selesai melalui proses pengeringan selama tiga hari. Kemasan yang digunakan oleh Kelompok Nago Jaya Berkah adalah plastik bening berukuran 17x 30 cm yang di tempel stiker merek produk. Selain menggunakan stiker merk pelastik kemasan juga dipress supaya lele kering lebih tahan lama.

Menurut Nuraini salah satu pembuat leker mengatakan proses pengemasan menjadi salah satu tahapan yang penting. “Proses pengemasan ini menjadi satu tahapan yang penting untuk mencapai pasar yang lebih luas karena dengan proses ini menjadikan kerja sama kami antar anggota kelompok menjadi lebih kuat.”

Dengan harga Rp 15.000 per bungkusnya, diharapkan agar produk leker dapat diterima oleh masyarakat. Mari kita dukung produk lokal dan pemberdayaan daerah khususnya masyarakat Kampung Pinang agar lebih aktif dan produktif sebagai wirausaha yang mandiri.