Kopi Sajang Menjaga Kualitas Melalui Sortasi Biji Kopi

Apakah Anda pecinta kopi?

Menikmati secangkir kopi dari biji kopi yang berkualitas tentu tidak perlu diragukan lagi. Tentunya, harga yang mahal sebanding dengan kualitas biji tersebut. Tapi, bagaimana jika Anda tidak perlu merogoh kocek dalam hanya untuk menikmati secangkir kopi dari biji yang berkualitas.

Ada kabar baik untuk Anda para pecinta kopi, saat ini Anda tidak perlu lagi mencari biji kopi yang berkualitas dengan harga yang mahal. Para petani kopi yang berasal dari Petani Bumi Lestari Desa Sajang, Sembalun, Nusa Tenggara Barat  kini memiliki kualitas biji kopi yang terbaik. Anda bukan hanya akan mendapatkan biji kopi yang berkualitas tapi juga dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana cara petani kopi Sajang menjaga kualitas biji kopinya?

Umumnya biji kopi berwarna coklat muda dengan variasi rona hijau yang berbeda. Sedangkan biji kopi mentah atau yang belum disangrai disebut dengan sebutan kopi beras atau dalam bahasa Inggris sebagai green beans.  Biji-biji ini dipilih dengan cara melakukan sortasi. Sortasi dilakukan setelah melalui proses panjang dan mengklasifikasikannya menjadi biji kopi terbaik. Hal ini pula yang dilakukan oleh para petani kopi Desa Sajang.

Cara lain untuk mengetahui kualitas kopi dengan cara mencium aroma biji kopi. Apabila biji kopi memiliki kualitas yang baik, maka biji itu memiliki aroma yang khas. Sebelum mengetahui aroma yang khas, Anda perlu mempelajari aroma-aroma kopi terlebih dahulu. Biasanya aroma biji kopi memiliki tingkat aroma yang bervariasi mulai dari yang softmedium dan strong. Hindari memilih kopi yang berbau tidak sedap atau tidak memiliki aroma sama sekali karena sudah dipastikan kopi tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Jika ingin cara lain untuk mengetahui biji kopi yang berkualitas Anda boleh mencari tahu dengan mengetahui kapan waktu roasted atau disangrainya sebuah biji kopi. Secara umum, kopi akan dalam keadaan fresh bila berumur tidak lebih dari dua bulan setelah masa sangrainya. Bila kopi masih dalam keadaan fresh, maka kualitas kopi tersebut juga akan sangat baik.

Itulah cara-cara untuk mengetahui biji kopi apa yang berkualitas dan layak dikonsumsi. Jika Anda tertarik untuk memesan biji kopi asli dari petani Desa Sajang, Anda bisa menghubungi Hajrul Azmi di nomor 087763391798.  Petani kopi dari Desa Sajang merupakan salah satu binaan pemberdayaan oleh Human Initiative. Dengan Anda membeli kopi asli Desa Sajang artinya Anda juga turut berkontribusi untuk kemajuan desa.

Bagaimana dengan Anda apakah sudah siap mencicipi nikmatnya kopi asli Desa Sajang?

Sumber : Kampung Media