Klaster Berdaya: Pendapatan Meningkat, Peternak Bahagia

Oleh : Ria Yuliasari (PKPU Human Initiative Jawa Barat)

Wardi terlihat sumringah pagi itu. Bagaimana tidak, sebuah sepeda motor hitam mengkilap terparkir di depan rumahnya. Dengan hati-hati ia mengelus-ngelus motor itu, tak membiarkan ada lecet segaris pun. Wardi bahagia, keinginannya untuk memiliki sepeda motor akhirnya terwujud.

Wardi adalah salah seorang peternak binaan program Bina Ternak PKPU Human Initiative Jawa Barat. Pemuda yang kini tinggal di Kampung Paninggaran RT 01 RW 08 Desa Mekarjaya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung pun mengaku bahagia. “Alhamdulillah keinginan yang sudah lama saya impikan akhirnya bisa tercapai. Saya merasa sangat bersyukur,” ujar pemuda berusia 26 tahun itu.

Wardi dan 17 peternak lain sudah merasakan manfaat dari program Bina Ternak. Manfaat yang dirasakan oleh para peternak dari berbagai segi baik secara finansial, keilmuan, dan sosial. Secara finansial adanya peningkatan penghasilan dan membantu meringankan beban ekonomi keluarga.

Secara keilmuan, pengetahuan tata cara beternak pun meningkat karena sebelumnya para peternak hanya menggunakan pengetahuan yang didapat secara turun temurun. Kini mereka lebih memahami pengelolaan ternak agar hasil yang didapatkan lebih baik dan berkualitas. Para peternak pun sangat antusias saat mengikuti pelatihan. Terbukti dari partisipasi kehadiran saat pelatihan yang mencapai 90 persen di setiap pelatihan. Secara sosial, program Bina Ternak juga menjadi ajang silaturahim di antara para peternak di mana mereka bisa berkumpul bersama.

Bina Ternak adalah program akselerasi untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak. Mereka dibekali pelatihan dan pengkapasitasan guna menyesuaikan dengan perkembangan peternakan domba saat ini. Mulai dari cara pengolahan pakan ternak yang benar, pengelolaan limbah dan kesehatan hewan ternak sehingga lebih berkualitas.

Tidak hanya itu saja, melalui Bina Ternak PKPU Human Initiative turut membantu dalam hal pemasaran hewan ternak yakni dengan menjembatani peternak dengan konsumen sehingga hewan ternaknya dapat dengan mudah dipasarkan.