Human Initiative Lakukan Aksi Tanggap Darurat Bencana di Solok Selatan, Sumatera Barat

SOLOK – Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat diguncang gempa pada Kamis, 28 Februari 2019 pukul 06.27 WIB. Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR (Skala Richter) tersebut mengakibatkan 48 orang luka-luka dan 343 unit rumah rusak menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis kemarin. Human Initiative segera melakukan aksi tanggap darurat bencana dengan berkoordinasi bersama BPBD dan relawan setempat.

Selain berkoordinasi dengan pihak terkait, Human Initiative juga telah menyiapkan tim tanggap darurat dan melakukan assessment di lapangan. Alim Nuzuar selaku Person In Charge (PIC) Human Initiative mengatakan bahwa Human Initiative telah menyiapkan tim respons dan telah berkoordinasi dengan BPBD serta relawan setempat.

“Tim Human Initiative saat ini sedang berkoordinasi dengan BPBD, relawan setempat dan menyiapkan tim respons tanggap darurat serta melakukan assessment di lapangan,” ujar Person In Charge (PIC) Human Initiative, Alim Nuzuar pada Kamis, (28/2).

Sementara itu, menurut data analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa di Solok Selatan dipicu karena aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan. “Gempa Solok Selatan ini merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono pada (1/3) dalam keterangan resminya.

Langkah selanjutnya, Human Initiative akan melakukan assessment, mengevakuasi serta menyalurkan paket bantuan berupa food item dan melakukan pelayanan kesehatan. Selain itu, Human Initiative mengajak masyarakat untuk turut membantu warga Solok Selatan melalui website solusipeduli.org. Adapun kebutuhan mendesak saat ini adalah pendirian dapur umum, penyaluran food item, penyaluran hygene kits, obat-obatan dan lainnya.

Ayo bantu mereka, klik disini.