Human Initiative bersama PT Tirta Investama Peduli Gizi Balita

HI-NEWS, JABAR – Setiap tahunnya di Kabupaten Cianjur, jumlah anak yang menderita stunting atau kurang gizi berada dalam kategori merah yang artinya tinggi. Tidak hanya itu saja, dalam satu desa terdapat 31 anak yang menderita stunting dari jumlah sekitar 600 anak. Tingginya angka stunting merupakan sebuah bentuk keprihatinan yang mendalam karena mengingat Kabupaten Cianjur terkenal sebagai wilayah penghasil padi berkualitas, tetapi anak-anak balita banyak yang menderita stunting bahkan gizi buruk.

Oleh karena itu, PT Tirta Investama (AQUA) Plant Cianjur bersama Human Initiative Jawa Barat melaksanakan program pencegahan stunting yang merupakan rangkaian program pemberdayaan masyarakat. Program tersebut dimulai dengan pelaksanaan Rembug Warga yang berfokus pada pencarian masalah. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan, Puskesmas, perwakilan kecamatan dan perwakilan dari head office AQUA.

Dalam pemaparannya Senior Manager Sustainable Development Danone Group Wailayati Ningsih mengatakan pentingnya pemahaman persepsi mengenai penyebab stunting. Selain itu, sasaran dari program pencegahan stunting adalah kepada ibu hamil, ibu balita, balita stunting, kader posyandu dan guru PAUD.

Kegiatan yang akan dilakukan bertujuan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dan kader posyandu. Membentuk paud dan posyandu percontohan, meningkatkan status gizi pd balita dengan status gizi kurang dan buruk, meningkatkan pongetahuan, sikqp, dan keterampilan ibu hamil mengenai PHBS, gizi seimbang dan pola asuh.

Mari dukung kami untuk menghentikan kurang gizi dan gizi burukn di wilayah Jawa Barat dengan cara klik www.solusipeduli.org sekarang juga!