Human Iniative Jabar dan AQUA Gelar Pelatihan UMKM Bersama Shopee

HI-NEWS, JAWA BARAT – Pada hari Kamis, (25/7/2019) Human Initiative Jabar bersama PT. CSR Aqua Investama Subang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Strategi Pemasaran Online dan Jejaring Mitra di Subang, Jawa Barat. Pentingnya pengetahuan mengenai perkembangan digitalisasi bertujuan untuk mengembangkan bisnis terutama bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang disingkat UMKM.

Oleh karena itu, Human Initiative turut mendukung kemajuan UMKM bersama untuk warga desa di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Era digitalisasi yang semakin modern kini mengubah gaya hidup masyarakat dalam hal transaksi jual beli. Kemudahan berbelanja dapat dilakukan oleh masyarakat melalui aplikasi jual beli online salah satunya adalah Shopee.

Ada 30 orang yang mengikuti pelatihan UMKM dan para peserta ini memiliki latar belakang yang bergerak di bidang olahan tradisional. Umumnya, mereka belum memahami cara melakukan bisnis online atau berjualan melalui marketplace. Rani Juliani selaku Koordinator CSR PT Tirta Investama Aqua Plant Subang juga menyoroti perhatiannya pada peningkatan kualitas pelaku pemberdayaan UMKM.

“Tentu ada perbedaan antara UMKM pemberdayaan dengan UMKM pada umumnya.  Para pelaku pemberdayaan UMKM butuh lebih banyak perhatian karena umumnya mereka masih sangat awam tentang teknologi. Mereka masih harus diajarkan menggunakan smartphone, apa itu marketplace dan sebagainya. Untuk itu dengan adanya pelatihan seperti ini kami berharap bisa lebih membantu mereka untuk  memasarkan produk-produknya di platform usaha online seperti Shopee,” ujarnya.

Sementara itu, Alfian Arasy dari Small Medium Entreprise Development Shopee Jabar turut memaparkan pemahaman terkait strategi khusus dalam memperluas jaringan pemasaran dan kemudahan dalam bertransaksi di era digital. Beberapa tips dan trik bagi para pelaku UMKM agar produk-produknya mampu bersaing dan memiliki kualitas yang layak untuk dijual.

Koordinator Program Human Intiative Jawa Barat yakni Bustanul Aripin Natsir mengatakan pelatihan mengenai pemasaran online memang sangat dibutuhkan para pelaku pemberdayaan UMKM. “Selama ini para pelaku UMKM masih sangat minim dalam memasarkan secara online produknya karena masih ada keterbatasan-keterbatsan. Padahal potensi yang bisa digali dari pemasaran produk ini sangat besar. Jika  bisa dipasarkan secara online tentu keuntungan pun lebih besar begitu juga dengan wilayah penyebaran produk yang semakin luas,” katanya. Mari kita bersama mendukung pemberdayaan masyarakat melalui website www.solusipeduli.org.