Hukum Qurban Online yang Wajib Anda Ketahui!

Hari Raya Iduladha dikenal dengan sebuatan “Hari Raya Haji”. Setiap tahunnya, Iduladha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada tahun ini, Hari Raya Iduladha jatuh pada hari Minggu, 11 Agustus 2019. Sebelum merayakan hari raya, umat Muslim di dunia umumnya melaksanakan puasa Arafah, yakni pada satu hari sebelum Hari Raya Iduladha kemudian dilanjutkan dengan melakukan amalan terpenting di bulan Dzulhijjah yakni berqurban. Hal ini merupakan salah satu bentuk ketaatan dan ketakwaan kita sebagai umat Muslim kepada Allah swt. dengan melakukan salah satu perintah-Nya.

Setelah melakukan salat Iduladha, umat Islam akan melakukan ritual qurban. Qurban sendiri merupakan sunnah bagi mereka yang mampu. Oleh karena itu, bagi kita yang memiliki rezeki, sebaiknya menyisihkan sebagian dari rezeki kita untuk membeli hewan qurban. Tapi tahukah Anda bahwa berqurban juga tidak boleh sembarangan. Meskipun berqurban merupakan ibadah utama bagi umat Muslim, tapi alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa sunnah sebelum menyembelih hewan qurban.

Kini kemudahan berqurban bisa kita lakukan melalui online. Namun, mungkin kita masih meragukan apakah qurban kita akan sampai kepada mereka yang membutuhkan atau tidak. Bukan hanya itu saja, berqurban melalui online apakah diperbolehkan atau tidak. Dalam Surah Alquran Al-Hajj ayat 28 dan 37 menjelaskan tentang keutamaan dari berqurban adalah bersedekah kepada orang yang lebih membutuhkan.

“..Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi)berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (QS. Al-Hajj: 28)

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapanya…” (Q.S Al-Hajj: 37)

Hal itu menjelaskan bahwa berqurban baik offline maupun online tidak dipersoalkan. Sebab, hal terpenting dari berqurban adalah kita dapat berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Sedangkan menurut para ulama, melaksanakan qurban secara online diperbolehkan sebab tidak ada dalil jelas hingga saat ini yang melarang hal tersebut.  Berqurban secara online hukumnya sunnah dan apabila hanya dilakukan sebagai perwakilan maka tidak menjadi masalah.

Ada banyak kelebihan dengan cara berqurban online yakni pendistribusian daging hasil qurban daging dibagikan secara merata ke daerah-daerah yang sudah ditentukan. Hal itu juga yang terus diupayakan oleh Human Initiative Worldwide sampai saat ini. Sebagai lembaga kemanusiaan Internasional, Human Initiative akan terus berupaya mewujudkan solusi peduli dengan menyampaikan amanah pequrban ke wilayah-wilayah yang sangat membutuhkan. Selain itu, berqurban di Human Initiative juga terjamin aman dan mudah.

Jadi, tunggu apalagi? Mari kita berqurban online di Human Initiative dengan cara klik website www.solusipeduli.org sekarang juga! #InsyaAllahQurban di Human Initiative akan sampai ke tangan mereka yang ada di pelosok negeri bahkan sampai ke berbagai negara di dunia.