Hapus Duka Anak Penyintas, Relawan PKPU Human Initiative Beri Dukungan Psikososial

DONGGALA – Gempa bumi bersambut tsunami yang menerjang Sulawesi Tengah pada akhir September 2018 lalu, telah menyisakan duka mendalam bagi warga terdampak. Guncangan berkekuatan 7,4 SR tersebut tidak hanya memporakporandakan bangunan, tetapi juga dapat mengganggu psikologis mereka yang merasakan.

“Bencana ini tidak hanya berdampak pada kerusakan fisik infrastruktur saja, namun psikologis para penyintas juga dapat terganggu,” ujar Agus Putut, Koordinator Relawan PKPU Human Initiative.

Anak-anak adalah kelompok penyintas yang rentan mengalami trauma. Kondisi emosi yang belum stabil membuat psikologis mereka mudah terganggu. Depresi, cemas, perilaku agresif, bingung, putus asa, sedih, perasaan kehilangan yang dalam, adalah gejalanya.

Hal ini menjadi perhatian para Relawan PKPU Human Initiative yang tengah bergerak di tenda-tenda pengungsian, tepatnya di Pos Penyintas Loli Tasiburi, Kecamatan Banawa, Kab. Donggala. Disela-sela aktivitasnya membagikan bantuan logistik, mereka kemudian memberi dukungan psikososial kepada anak-anak terdampak bencana (9/10).

“Tidak hanya bantuan makanan, mereka juga butuh kehadiran kita untuk sekedar menguatkan jiwanya, mengembalikan senyumnya yang sempat pudar terkubur duka. Kebutuhan psikologis mental mereka juga jangan diabaikan,” ungkap Agus usai memberi psikososial untuk anak-anak disana.

Sekitar 80 anak penyintas antusias ikut bermain bersama para Relawan PKPU Human Initiative. Sesekali relawan bercerita dan bernyanyi untuk memberi edukasi ringan, agar mereka semakin kuat dan sabar. Kegembiraan dan keceriaan yang dihadirkan para relawan, sedikitnya mampu menghapus duka anak-anak yang tengah menanggung kesedihan pasca bencana.

Menurut data BNPB (9/10) tercatat ada 82.775 jiwa mengungsi. Tidak hanya kehilangan tempat tinggal, banyak diantara mereka juga kehilangan keluarganya. Sampai saat ini mereka masih membutuhkan bantuan para relawan dan dermawan.

Bantu Mereka, Klik Disini

Aksi Kami Lainnya

Galeri Respon Bencana Sulteng, Lihat Disini