Budayakan Hidup Sehat, Kader Berdaya Dungmas Ikuti Pelatihan PHBS

Yogyakarta – Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan kebutuhan hidup yang harus terus didorong agar menjadi budaya dalam keseharian masyarakat. Sebab bukan hanya berefek buruk bagi kesehatan, tidak membudayakan hidup bersih dan sehat juga akan mengurangi produktivitas kerja, mengurangi kecerdasan bahkan dapat mempengaruhi ekonomi masyarakat.

Mewujudkan masyarakat yang ber-PHBS, harus diupayakan dengan merubah perilaku hidup masyarakat dari perilaku yang tidak bersih dan tidak sehat, menjadi perilaku bersih dan sehat. Tentu hal ini dapat terwujud jika masayarakt sadar dan tergerakkan untuk mewujudkannya. Sebab PHBS adalah perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran untuk menolong kesehatan diri sendiri juga lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Mengingat pentingnya berperilaku bersih dan sehat, pada Senin (27/08), diadakan pelatihan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, kepada kader berdaya Dusun Dungmas. Kegiatan ini bertempat di Balai Dusun Dungmas, Desa Watusigar, Kecamatan Ngawen, Gunungkidul – Yogyakarta. Pelatihan tentang PHBS ini sengaja dilaksanakan untuk mendorong masyarakat agar sadar akan pentingnya hidup sehat.

Pelatihan yang diikuti oleh 12 orang kader berdaya tersebut mendapat berbagai materi dan informasi langsung dari Kepala Puskesmas Ngawen 1, dr. Puspyastuti sebagai narasumber.

Dalam penyampaian materinya, dr. Puspyastuti menjelaskan tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Ia mendorong masyarakat untuk menggerakkan diri sendiri dan juga lingkungannya agar menyadari pentingnya kesehatan.

“Kesehatan adalah harta termahal dalam hidup kita, jika kita gagal memelihara kebersihan dan kesehatan, maka kita akan berpeluang besar untuk kehilangan harta yang paling mahal (kesehatan). Kalau kesehatan kita buruk, maka kita tidak maksimal untuk bekerja, sehingga kita tidak bisa membiayakan sekolah anak-anak kita, ekonomi kita anjlok, dan keceriaan kita pun hilang.” Jelasnya.

  

“Saya berharap kepada bapak dan ibu sekalian, yang tidak lain adalah kader-kader berdaya di lingkungan Dusun Dungmas, untuk bisa menjadi pelopor hidup bersih dan sehat tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga menjadi penggerak di lingkungannya, sehingga masyarakat yang lain juga tersadarkan untuk menjaga kehidupan yang lebih sehat.” Lanjutnya.

Pelatihan yang berlangsung kurang lebih jam tersebut, diikuti dengan penuh antusias oleh para kader berdaya PKPU Human Initiative. Para kader terlibat aktif dalam menanggapi dan memberikan pertanyaan kepada pemateri, tidak hanya soal apa yang dijelaskan di dalam materi pelatihan, namun juga keluhan-keluhan kesehatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.