Aksi PKPU Human Initiative Pada Status Transisi Tanggap Darurat di Lombok, NTB

LOMBOK – Lombok kini sudah memasuki pada tahap transisi tanggap darurat. Menurut data laporan situasi pascagempa dari Pos Komando Satuan Tugas Gabungan pada 5 November 2018 bahwa masih ada banyak kebutuhan prioritas yang belum terpenuhi. Adapun kebutuhan prioritas yang dibutuhkan hingga saat ini adalah hunian transisi, sekolah darurat serbaguna, logistik dan air bersih.

Kebutuhan yang belum terpenuhi ini menjadi sangat penting untuk Lombok yang masih dalam tahap transisi tanggap darurat. Oleh karena itu, PKPU Human Initiative (HI) kini masih terus melakukan upaya. Solusi Peduli guna memberikan bantuan kepada korban bencana gempa. Ferry Suranto selaku General Manager Initiative for Empowerment PKPU HI mengatakan bahwa status transisi tanggap bencana sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Status ini terkait kondisi di lapangan yang memang belum bisa masuk di fase pemulihan (recovery). Rumah yang rusak baru 11 % yang dibantu. Jadi masih berantakan di lapangan dan mungkin itu pertimbangannya,” ujar Ferry Suranto, General Manager Initiative for Empowerment PKPU HI pada Selasa (6/11) melalui whatsapp.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rilisnya di website resmi BNPB (bnpb.go.id) menuliskan bahwa tanggap darurat gempa Lombok telah berakhir pada Sabtu (25/8). Setelah berakhirnya masa tanggap darurat, langkah berikutnya adalah status transisi tanggap darurat.

“Selama masa transisi darurat bantuan kebutuhan lanjutan yang belum dapat diselesaikan pada saat tanggap darurat dapat diteruskan, seperti untuk tempat hunian masyarakat bagi rumah yang hancur dan hilang akibat longsor,” tulis Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB pada Jumat(24/8) melalui bnpb.go.id.

Sampai saat ini, PKPU HI masih terus berupaya memberikan bantuan kepada para korban. Nantinya, akan ada program-program recovery 2019 setelah status transisi tanggap darurat ini berakhir. Adapun program-program tersebut diantaranya Sekolah Inisiatif, Meubeleur Sekolah, Masjid Inisiatif, Masjid Inisiatif Permanen, Sumur Bor dan Klaster. Progam tersebut adalah upaya PKPU HI dalam memberikan Solusi Peduli untuk masyarakat Lombok dan sekitarnya.